Di Sini Warga Malang bisa Komplain

Advertisemen
KETIDAKPUASAN masyarakat akan layanan pemerintah selalu saja muncul. Hal ini terjadi karena sesuatu yang diharapkan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Masyarakat kadang tidak mengetahui harus kemana mengadu tentang ketidakpuasan yang dialami. Jika langsung bertatap muka, rasa takut menyampaikan uneg-uneg atau ketidakpuasan kepada pemberi layananan (pemerintah) kadang masih saja muncul. Selain itu, budaya permisif membuat masyarakat enggan mengadu atau komplain baik secara langsung maupun online.

Kalau dulu sebelum berkembangnya teknologi komplain lebih banyak langsung mengadu pada penyedia layanan publik atau dengan menggunakan media kotak saran yang ada pada unit layanan, tapi kini tidak lagi. Perbaikan media pengaduan sudah mulai banyak diinisiasi oleh banyak pemerintah daerah lain melalui media online.

Salah satunya media pengaduan berbasis surat elektronik yang akrab dikenal dengan surat warga di website pemerintah Kabupaten Malang. Media aduan berbasis website pemerintah Kabupaten Malang ini menjaring semua aduan dengan memasukkan nama pengadu, email, instansi yang dituju, dan isi aduan yang akan disampaikan.

Alamat web pengaduan Pemerintah Kabupaten Malang di www.malangkab.go.id. Kegiatan mengadu melalui website ini merupakan terobosan yang dibuat pemerintah Kabupaten Malang. Media surat warga ini sangat efektif untuk menampung keluhan masyarakat Kabupaten Malang.

Cara menggunakan media ini cukup mudah hanya tinggal masuk ke dalam web pemerintah Kabupaten Malang surat warga dan mulai menuliskan pengaduan (klik sampaikan di sini). Aduan yang masuk akan segera diproses oleh admin web yang cekatan dan selanjutnya ditampilkan pada muka web sesuai dengan dinas yang dituju. Respons dari pemerintah juga lumayan cepat. Anda warga Kabupaten Malang mau mencoba mengadu tentang layanan publik?

FENDIK SETYAWAN
Anggota Malang Development Watch (Madawa) Koalisi CSO Kabupaten Malang

Tulisan ini dimuat di surabaya.tribunnews.com
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments